Seni kenalan dengan orang lain


Orang dengan kecerdasan sosial tinggi tidak akan mengalami kesulitan saat mulai membina relasi dengan orang atau kelompok yang baru. Dalam membina relasi dengan orang lain, perlu diperhatikan beberapa hal penting seperti kesan pertama yang timbul.

Secara alami, segala hal yang pertama-tama dilihat atau dipelajari oleh otak akan lebih diingat daripada hal-hal sesudahnya. Oleh karena itu, pastikan anda memberikan kesan pertama yang baik pada tiap orang yang pertama kali anda temui. Dalam suatu hubungan, yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk bercakap-cakap. Tujuan pecakapan adalah untuk menjalin hubungan dangan orang lain, saling bertukar ide atau info, dan yang terpenting adalah untuk menunjukan pada lawan bicara anda bahwa mereka adalah orang penting dan istimewa untuk anda

Tanda seseorang memiliki kecerdasan social tinggi tercermin pada kemampuanya berbicara secara spontan dan mudah kepada tiap orang dalam segala situasi, baik itu hanya obrolan ringan, sampai pada pembicaraan serius dengan atasan. Etika sosial akan lebih banyak bicara mengenai ‘sopan santun’. Anda bisa menggunakanya untuk mempertahankan hubungan baik dengan teman-teman, kenalan.

Cara-cara yang bisa dilakukan antra lain dengan

1. Memperlihatkan penghargaan .

Tiap orang ingin dihargai. Orang dengan kecerdasan social tinggi akan memastikan dirinya bisa menghargai orang lain, menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan, penyelesaian pekerjaan dengan baik, atau hanya karena seseorang telah berkenan hadir.

2. Ingat ulang tahun orang lain.

Dengan mengingat ulang tahun orang lain, baik ulang tahun kelahiran, ulang tahun perkawinan, dan sebagainya, membuktikan bahwa anda memperhatikan mereka dan membuat mereka merasa diistimewakan.

3. Melewati masa sulit bersama.

Kewajiban sosial yang terasa berat bagi sebagian orang untuk menghibur teman atau saudara yang sedang berduka.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu menghibur adalah dengan mengirim surat atau SMS yang isinya menunjukan bahwa kita juga ikut berduka cita atau ikut peduli padanya. Sebenarnya bukan kata-kata yang kita tulis yang menguatkannya, tapi niat dan rasa peduli yang tersirat di dalamnya, dan itu adalah hubungan bagi orang yang berduka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s